Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara pengaktivasian Two-Factor Authentication (2FA) pada layanan Acronis. Layanan yang terkait ialah Cloud Backup, Cyber Protection, dan Disaster Recovery.


Apa itu Two-Factor Authentication (2FA)?
Autentikasi Dua Faktor berguna untuk menambahkan lapisan keamanan dan menjaga keamanan sistem akun Acronis Anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada panel / dashboard Acronis ini terdapat backupan yang berisi file/dokumen penting yang bersifat rahasia dari suatu perusahaan. Sehingga pengaktivasian fitur Two-Factor Authentication (2FA) sangat diharuskan. 


Apa yang dilakukan oleh Autentikasi Dua Faktor (2FA) pada layanan Acronis? 

Yang dilakukan oleh fitur ini adalah menambah proteksi keamanan yang ekstra pada layanan Acronis Anda. Saat menginput Alamat email dan kata sandi ke akun Anda, Anda juga perlu menginput kode Autentikasi Dua Faktor (2FA) dari perangkat yang sudah terverifikasi. Kode keamanan yang dibuat di perangkat seluler Anda akan mengharuskan Anda untuk masuk terlebih dahulu ke Authenticator. Oleh karena itu, untuk membuat layanan Anda lebih aman, harap aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA) pada layanan Acronis Anda. Kami sangat menyarankan semua pelanggan layanan Acronis menggunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA).


Bagaimana Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor (2FA) ? 

  1. Anda harus mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor terlebih dahulu di akun Panel Acronis Anda, masuk ke akun Anda, kemudian masuk ke bagian "Manage Account" dibagian sebelah kiri atas, lalu buka Setting / Pengaturan > Security / Keamanan. Setelah mengaktifkan 2FA, Anda harus sign out / keluar dahulu.




  2. Kemudian harap untuk menginstal aplikasi Autentikator (Disarankan menggunakan Google atau Microsoft Autentikator) di perangkat seluler atau computer Anda.

  3. Buka aplikasi autentikator, lalu pindai QR code. (Catatan : Harap pastikan bahwa Anda telah menyimpan QR codenya. Anda dapat mencetak, menyimpannya sebagai PDF, atau hanya mengambil fotonya).