Pengantar

    Artikel ini menjelaskan cara merekam/menangkap Log Wireshark pada pencadangan terjadwal di Windows. Jikalau pencadangan terjadwal ke Acronis Cloud Backup gagal.


Solusi

1) Unduh utilitas Wireshark gratis dari https://www.wireshark.org/download.html dan install Wireshark di perangkat.


2) Perhatikan dimana disimpan dan perhatikan letak folder tersebut secara terperinci, e.g. C:\Program Files\Wireshark 


3) Buat perintah pre-backup and post-backup (perintah pra-pencadangan dan perintah pasca pencadangan) seperti tampilan dibawah ini. Sebelumnya, mohon dipastikan untuk menyesuaikan folder kerja dengan yang dicatat/diingat pada langkah 2. 

Mohon diperhatikan :
- Nama antarmuka (interface) untuk parameter dari "-i" dapat ditentukan melalui perintah "wireshark -D" atau dengan menjalankan Wireshark dan mencatat nama antarmuka di GUI


- "-a  duration:60" adalah untuk memastikan pengambilan berhenti setelah 60 detik dan tidak berlanjut jika pencadangan berjalan lebih lama / berjalan seterusnya. Tentukan durasi di mana pencadangan biasanya akan berhenti dalam hitungan detik (60 selama 1 menit, 900 selama 15 menit, dan seterusnya - mohon diperhatikan juga jika semakin besar nilainya, semakin besar pula log). 


- Tentukan nama file target untuk ditangkap dalam parameter "-w", misalnya D:\capture.pcap 


- "-k" untuk segera mulai menangkap (capture immediately)


- "-H" untuk menyembunyikan antarmuka (hide the interface)


- "taskkill /im "wireshark.exe" /F" adalah untuk memastikan proses wireshark dimatikan setelah pencadangan berhasil (backup succeed) - untuk menghindari munculnya beberapa proses yang tidak diperlukan. 



4) Uncheck semua di opsi Fail the backup if command execution fails dan Don't start 


5) Pada pencadangan yang berhasil, perintah pra-pencadangan akan berakhir dengan kegagalan, hal ini diperkirakan karena kita mematikan proses secara paksa. Pada pencadangan yang gagal, perintah pasca pencadangan tidak akan dimulai yang berarti Anda harus mematikan wireshark.exe secara manual. Ini tidak mempengaruhi file yang di capture (ditangkap) dengan cara apapun. 


6) Berikan tangkapan ke Support Acronis