Tanda tanda :


Backup gagal dengan salah satu kesalahan berikut:

Windows error: (0x800705B4) This operation returned because the timeout period expired

atau

Operating system error: This operation returned because the timeout period expired


Penyebab :


1) Jika OSnya adalah Windows Server 2012 R2 dan Windows Server 2016, eror mungkin disebabkan oleh isu dari Microsoft Windows yang sudah ditemui sebelumnya (Lihat di penyelesaian)

2) Eror ini disebabkan oleh workload yang terlalu intensif pada perangkat ketika memulai proses backup.


VSS writer adalah application-specific software yang bertindak untuk memastikan bahwa data aplikasi siap untuk pembuatan shadow copy. Pada OS Windows terdapat VSS writers dan VSS-aware application install own dari VSS writers ke perangkat. Jika workload pada perangkat tinggi pada waktu backup, VSS writer mungkin tidak merespons dalam jangka waktu yang diharapkan (timeout). Backup yang dibuat dalam kondisi ini mungkin tidak dapat dipulihkan, itulah sebabnya Acronis membatalkan backup ini dan menampilkan pesan eror ini.


Masalah timeout VSS writer muncul saat Acronis Agent menunggu proses pembuatan snapshot. Ini disebabkan oleh nilai timeout default untuk VSS writer adalah 60 detik. Karena opening and flushing volume membutuhkan waktu yang lama, setelah 60 detik writer fail dan snapshot dibatalkan, terutama jika load disk tinggi.


Penyelesaian :


Dimulai dengan Acronis Cyber Backup 12.5 Update 4 (build 12730) dan Acronis Cyber Protect Cloud 7.9 (build 12960), mekanisme kinerja baru diterapkan ke software untuk meningkatkan handling dari VSS request. Dimohon perbarui ke versi terbaru yang tersedia dan periksa apakah backup berfungsi.


Jika backup tidak memungkinkan atau tidak menyelesaikan masalah, ikuti langkah penyelesaian tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan :

  • Jika sistem yang terpengaruh adalah Windows Server 2012 R2 dan Windows Server 2016, verifikasi apakah sistem terpengaruh oleh masalah yang diketahui :

    1) Periksa Windows Event Logs (Win + R -> eventvwr.msc ) dan buka Windows Logs -> Application.

    2) Periksa apakah log Aplikasi berisi pesan yang mirip dengan yang berikut:

    A VSS writer has rejected an event with error 0x800423f2, The writer's timeout expired between the Freeze and Thaw events. 

    Changes that the writer made to the writer components while handling the event will not be available to the requester. 

    Check the event log for related events from the application hosting the VSS writer. 

    Operation:

       Thaw Event

    Context:

       Execution Context: Writer

       Writer Class Id: {afbab4a2-367d-4d15-a586-71dbb18f8485}

       Writer Name: Registry Writer

       Writer Instance ID: {2967e501-0331-472b-a601-5ebd2b66e6e4}

       Command Line: C:\Windows\system32\vssvc.exe

       Process ID: 11016

    Jika log Aplikasi berisi pesan ini, maka kesalahan tersebut disebabkan oleh masalah yang diketahui di OS Windows, silahkan kunjungi VSS_WS_FAILED_AT_FREEZE error when you try to make a VSS shadow copy

  • Jika OS bukan Windows Server 2012 R2 dan Windows Server 2016 atau jika solusi di atas tidak berlaku, konfigur VSS operation timeout atau jadwalkan ulang backup saat disk load lebih rendah.

  • Bagaimana meningkatkan timeout untuk VSS operations

  • Buka  Windows Registry Editor :  Start  -> search -> ketik regedit.exe dan tekan Enter.

  • Temukan Key berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Acronis

  • Di dalam, temukan key bernama SnapAPI.  Jika tidak ada, create

  • Di dalam key SnapAPI buat nilai DWORD32 yang disebut "VssOperationTimeout"

  • Tetapkan nilai ini ke "desimal" dan tentukan "3600" yang setara dengan 1 jam.

Atau bisa dengan melakukan running command berikut di Command Line Interface

New-Item -Path "HKLM:\SOFTWARE\Acronis" -Name SnapAPI

Ini mungkin gagal jika sudah ada.


New-ItemProperty -Path "HKLM:\SOFTWARE\Acronis\SnapAPI" -Name "VssOperationTimeout" -Value "3600" -PropertyType "DWORD"

Anda dapat mengubah nilai agar sesuai dengan waktu snapshot.

  • Jalankan backup selama load I/O rendah

Untuk menentukan waktu yang lebih baik untuk menangani permintaan pembuatan snapshot VSS dengan benar, kami menyarankan untuk menggunakan skema berikut:

  • Aktifkan Task Failure Handling Options dalam backup plan dan atur interval antar attempt hingga 40-50 menit dan jumlah attempt 20

  • Mulai backup. Ini akan berjalan dalam mode nonstop sampai pembuatan snapshot berhasil

  • Catat waktu ketika snapshot berhasil dibuat dan jadwalkan backup ke waktu ini untuk menghindari masalah waktu tunggu snapshot lebih lanjut.

Anda juga dapat menggunakan utility Perfmon untuk memeriksa load I/O saat ini pada disk dan menemukan waktu yang tepat untuk operasi snapshot.

Jika menjadwal ulang backup pada waktu load I\O yang lebih rendah tidak membantu, pertimbangkan opsi berikut untuk memecahkan masalah :


1) Download VSS Doctor untuk menyelidiki dan memecahkan masalah dengan VSS pada mesin Agen yang terpengaruh.

  1. Unduh VSS Doctor tools (For Windows XP/Vista/7, Windows Server 2003/2008 dan For Windows 8 and later, Windows Server 2012 and later)

  2. Launch as Administrator.

  3. Klik Start Diagnostic dan tunggu hingga selesai.

  4. Periksa bagian yang ditandai dengan ( ! )

  5. Klik Simpan log jika Anda ingin menyimpan hasil diagnostik sebagai laporan teks biasa.

  6. Jika tombol Perbaiki masalah tersedia, klik untuk melihat solusi tepat yang diusulkan oleh tool dan lanjutkan jika Anda setuju.

  7.  Setelah memperbaiki masalah yang ditemukan, klik Start Diagnostic lagi untuk memeriksa apakah semua masalah telah diperbaiki.

2) Untuk Windows Server 2008, 2008R2, 2012, 2012R2, 2016 buat snapshot menggunakan tools Diskshadow untuk memeriksa fungsionalitas komponen layanan VSS. Jika masalah terjadi pada OS Workstation, lewati langkah ini.


Jika ada writer yang gagal karena kesalahan atau membuat snapshot dengan Diskshadow tidak diakhiri dengan "Number of shadow copies listed: x", Anda harus troubleshot masalah writer ini dan memastikannya berfungsi dengan benar sebelum menggunakan backup VSS di Acronis. Acronis Cyber Backup mengandalkan VSS untuk melakukan operasi backup dan VSS writer merupakan prasyarat untuk keberhasilan pembuatan snapshot.  


Jika langkah-langkah yang disarankan tidak membantu melokalisasi masalah, kumpulkan informasi berikut dan hubungi Pusat Pelanggan Acronis:


  1. Laporan Dokter VSS

  2.  Hasil backup dengan Diskshadow (sebagai screenshot atau output ke file)

  3. Informasi Sistem Acronis dari mesin Agen yang terpengaruh:

Informasi lebih lanjut

Solusi untuk Acronis Cyber Backup 12.5: buat backup dengan bootable media. Backup sistem yang dimatikan adalah aplikasi yang konsisten secara default. Lihat artikel ini untuk detailnya. 


(!) Membuat cadangan dari media yang dapat di-boot tidak tersedia di Acronis Cyber Protect Cloud