Pada zaman modern sekarang, kebutuhan akan server virtual untuk menjalankan bisnis dan usaha meningkat drastis. Cloudmatika, sebagai salah satu penyedia layanan hosting server di indonesia menyediakan server untuk segala kebutuhan dari yang berskala kecil sampai yang berskala besar. Server tersebut disediakan dalam layanan VPS yang tersedia dalam berbagai spesifikasi dan harga yang terjangkau. Setelah memiliki VPS dari cloudmatika, anda diperlukan untuk membuka "jalan" untuk akses ataupun koneksi masuk kedalam server anda tersebut, atau yang biasa disebut dengan open port. Dengan menggunakan cloudmatika Control Panel (CCP), melakukan open port maupun close port menjadi sangat mudah. Berikut adalah langkah langkah untuk melakukan open port pada VPS anda melalui CCP.


Cara Open Port di VPS Melalui Cloudmatika Control Panel (CCP) 


Step 1: Masuk kedalam CCP

  • Login kedalam CCP dan pilih menu VPS



Step 2: Pilih server

  • Pilih dan klik box server yang ingin dilakukan open port



Step 3: Set up Firewall

  • Pilih menu Manage Firewall dan pilih opsi Add New Rule



Step 4: Add New Rule

  • Akan muncul Pop up untuk konfigurasi new rule dan isikan kolom rule name dan remote atau local port dengan rule yang anda inginkan serta protokolnya (TCP/UDP)



Step 5: Recheck the new added rule

  • Untuk memastikan apakah port sudah berstatus open, pilih Manage Firewall dan pilih opsi Manage Rules



            Pastikan untuk Firewallnya ON dan Connection Rules yang baru saja ditambahkan sudah enable


Dan Voila, server dalam VPS anda berhasil menambahkan port baru untuk establish koneksi ke dalam maupun keluar server anda.
Happy Programmin.