1. Silakan login ke url https://cloudmatika.com



2. Setelah login Anda akan mendapatkan dashboar seperti berikut




3. Silakan pilih new server untuk melanjutkan membuat server, lalu isi kolom informasi dan spesifikasi yang ada.


General


Server name. Silahkan diisi untuk memberikan nama server yang akan ditampilkan di dashboard Anda, nama ini harus unik tidak boleh sama. Dapat berupa letters, numbers, dan hyphens dan tidak boleh melebihi 63 karakter.


Description, adalah informasi tambahan untuk server Anda


backup schedule, silakan dipilih apabila Anda membutuhkan backup harian dan mingguan dari server Anda.



Specify custom hostname silakan diisikan apabila Anda ingin memberi nama pada host server yang akan dibuat. Contoh: server1.example.com


 


Server Configuration


 



Preset Configurations adalah template server yang sudah umum digunakan sesuai dengan kebutuhan yang terdapat pada pilihan tersebut. Anda bisa memilih Custom, Webserver, AppServer, WEBServer dan minimal.


 



CPU Cores, menentukan jumlah core pada server.


 


CPU Frequency, Menentukan CPU Power pada server.


 



I will manage the OS kernel, Apabila Anda mencentang pilihan tersebut, maka server yang Anda buat adalah container. Apabila Anda centang pilihan tersebut maka Anda akan membuat VM.


Operating System, Pilihan untuk menentukan jenis OS yang akan Anda gunakan, apakah Linux atau Windows.


Public Network Settings


Number of IPv4 Adress, adalah berapa banyak IP Public yang akan Anda pakai di server tersebut, perlu diketahui bahwa server yang akan Anda buat sudah termasuk satu buah local network dengan kapasitas 10 Gigabit  yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar server di account yang sama. Untuk local network tersebut tidak berlaku pada account yang berbeda dikarenakan VLAN nya terpisah antara account yang satu dengan yang lain.


Allow to configure the network settings from within the server, Apabila opsi ini dipilih Anda bisa mengubah konfigurasi network di dalam server kecuali IP. Apabila tidak dipilih, secara automatis Cloud infrastruktur akan melakukan konfigurasi tersebut.