Bagi banyak pengguna IT, platform adalah masalah preferensi. Hal yang sama berlaku pada Control Panel yg digunakan oleh sebuah hosting server. 2 Control Panel Hosting yang popular saat ini, yaitu cPanel dan Plesk Control Panel. cPanel dan Plesk cukup mirip. Mereka memiliki sebagian besar fitur yang sama. Tapi bagaimanapun juga, memiliki perbedaan.





Berikut ini beberapa perbedaan antara cPanel dengan Plesk Control Panel



User Interface / Antarmuka Pengguna


Plesk memiliki tampilan user interface yang sangat bersih dan praktis, sehingga sangat mudah digunakan dan dipelajari bahkan oleh seorang pemula. Installasi untuk berbagai aplikasinya pun mudah dan terpusat.


cPanel merupakan control panel yang paling banyak dipakai di Indonesia, sehingga mungkin saja user Indonesia lebih akrab dengan tampilan cPanel. Tapi untuk mempelajarinya tidak semudah mempelajari Plesk Control Panel.


 

OS Support

cPanel hanya berjalan pada CentOS, RedHat dan CloudLinux dan tidak bisa dijalankan pada OS Windows. Sementara OS Windows masih menguasai dunia, maka cPanel bersifat lebih “terbatas”.


Plesk Control Panel jauh lebih fkesibel dalam poin ini, karena selain support Linux, Plesk Control Panel juga bisa dijalankan di OS Windows.


Jelas Plesk lebih fleksibel dibandingkan dengan cPanel karena kemampuannya yang bisa digunakan lintas OS.



 Panel Admin


cPanel dilengkapi dengan Web Host Manager (WHM) sebagai standar, meskipun shared hosting pengguna tidak akan melihat WHM kecuali mereka meng-upgrade ke reseller atau VPS hosting. CPanel sisi adalah untuk pemilik website, sedangkan WHM adalah untuk administrator server. Meskipun terkait, kedua sistem memiliki login dan antarmuka yang terpisah.


Plesk, di sisi lain, memiliki satu login untuk administrator dan pengguna. Dengan Plesk Control Panel, kemudahan membuat e-mail dan subdomain akan lebih terasa. Panel Admin di Plesk terlihat lebih professional.



Kemudahan Migrasi


Kedua control panel ini, cPanel dan Plesk Control Panel memiliki kemudahan migrasi yang sama. Tapi tentu migrasi ini biasanya berlaku untuk control panel yang sejenis. Missal :


cPanel ke cPanel dan atau Plesk ke Plesk.


Migrasi antar control panel juga mungkin terjadi, tapi tentu tidak semudah migrasi dengan control panel yang sama.


Sehingga, pikirkan dan pelajari lagi sebelum benar-benar memilih control panel.


SssfgBagi banyak pengguna IT, platform adalah masalah preferensi. Hal yang sama berlaku pada Control Panel yg digunakan oleh sebuah hosting server. - See more at: http://blog.jaringanhosting.com/index.php/cpanel-vs-plesk-ini-perbedaan-dan-kelebihannya/#sthash.qlMiUQJc.dpuf