Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman dan mengizinkan untuk melakukan perintah dari jarak jauh (remote) antara dua jaringan komputer.

Setiap server yang dibuat pada Virtual Private Server (VPS) dan Virtual Data Center (VDC) yang menggunakan Sistem Operasi Linux serta memiliki IP Publik, pasti akan mendapatkan fitur SSH secara otomatis. SSH ini berfungsi untuk mengakses ke dalam server dari perangkat apa saja yang mendukung penggunaan SSH ini.

 

Pada sistem operasi Linux, Anda dapat mengakses server kita dengan menggunakan SSH yang sudah terpasang pada perangkat Anda. Untuk mengaktifkan SSH Client agar dapat melakukan SSH ke server kita, silakan ikuti perintah berikut :

 

  • Pertama, silakan Anda masuk ke dalam Terminal yang ada pada Sistem Operasi Linux & Mac
  • Untuk sistem operasi berbasis Linux, silakan Anda lakukan perintah berikut apabila SSH Client belum terinstall :

sudo apt-get install openssh-client

  • Jika berhasil maka akan menampilkan seperti ini :

  • Jika sudah selesai terinstall SSH Client, silakan Anda ketik perintah berikut :

sudo username@DomainAtauIP

# Keterangan :

Username: user yang digunakan untuk login, misal root, maka jadi root@DomainAtauIP

DomainAtauIP: biasanya jika domain sudah terhubung ke server, kita bisa menggunakan @domain.com. Apabila belum terhubung, silahkan gunakan IP. Contoh, apabila IP kita adalah 192.168.x.x, maka akan jadi seperti ini: root@192.168.x.x

  • Anda akan diberikan pertanyaan mengenai SHA Key, silakan Anda ketik “Yes”

  • Selanjutnya silakan Anda masukkan kata sandi server Anda. Apabila saat mengetik kata sandi tidak muncul, maka lanjutkan saja mengetik kata sandi Anda dengan benar.

  • Jika sudah berhasil, maka akan menampilkan seperti ini :